Bhabinkamtibmas Salah Satu Pilar Pembangunan Desa - Ditpolairud Polda Jambi

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

23.5.15

Bhabinkamtibmas Salah Satu Pilar Pembangunan Desa

Tiga pilar pembangunan desa yaitu Kepala Desa/Lurah, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) menjadi kekuatan baru dalam membangun dan memajukan desa serta merupakan basis solusi atas setiap permasalahan yang ada di desa. Berbagai permasalahan yang ada di desa dalam bidang apapun juga akan mampu diselesaikan apabila tiga pilar tersebut dapat saling bekerjasama dan saling bersinergi.

Pemerintahan desa merupakan perwujudan kehadiran negara pada sistem pemerintah terdepan di negara Indonesia, sehingga harus dapat membangun komunikasi yang baik dengan masyarakatnya. Pemerintah desa bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus mampu menjadi fasilitator dan mediator keinginan masyarakat desa untuk menyampaikan aspirasi dan keinginan masyarakat kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Pola pembangunan desa dengan penguatan kerjasama antara Kepala Desa/Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa didukung partisipasi masyarakat adalah upaya percepatan pembangunan di daerah pedesaan, oleh karena itu ketiga pilar tersebut harus dapat menyamakan visi dan tujuan serta dapat menyusun program yang saling mendukung satu dengan yang lain sehingga tujuan akhir yaitu mencapai kemakmuran rakyat dapat dicapai.

Guna mendukung penguatan dan optimalisasi pilar pembangunan desa ini, Ditpolair Polda Jambi membuat program membentuk Bhabinkamtibmas Perairan dengan sasaran wilayah pesisir perairan di Provinsi Jambi, diharapkan dengan kehadiran Bhabinkamtibmas Perairan di wilayah pesisir akan menghadirkan sosok polisi perairan yang mampu membangun komunikasi dengan aparat pemerintah desa, Babinsa dan segenap komponen masyarakat yang ada di desa khususnya di wilayah pesisir. Selain itu kehadiran Bhabinkamtibmas Perairan diharapkan mampu menghadirkan sosok polisi di tengah masyarakat pesisir yang “jarang” disentuh oleh polisi.


Saat ini, Ditpolair Polda Jambi sudah menunjuk dan menugaskan 6 personel sebagai Bhabinkamtibmas Perairan dengan wilayah penugasan pada daerah pesisir yaitu :

1. Wilayah Kuala Tungkal

2. Wilayah Nipah Panjang

3. Wilayah Kampung Laut

4. Wilayah Suak Kandis

5. Wilayah Angso Duo

6. Wilayah Danau Kerinci

Kegiatan yang dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas Perairan adalah melakukan sambang kepada pemerintah desa, ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, kelompok swadaya masyarakat, pihak swasta, nelayan dan warga masyarakat lainnya yang bertujuan untuk membangun komunikasi dengan semua pihak, mengidentifikasi permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat serta mencari solusinya. Selain itu Bhabinkamtibmas diharuskan aktif dalam setiap kegiatan kemasyarakatan baik kegiatan sosial, budaya, keagamaan maupun kegiatan lainnya dengan maksud agar kehadiran Bhabinkamtibmas Peraian dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kegiatan lain yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Perairan adalah melakukan dialog dan FGD (focus group discussion) dengan warga masyarakat guna menyerap keinginan dan harapan masyarakat baik terhadap pemerintah, Polri maupun kepada pihak lain yang nantinya para Bhabinkamtibmas Perairan akan menjadi fasilitator dan mediator menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here